Planet Layak Huni di Rasi Kalajengking


Gambar

Astronom kembali menemukan planet yang berpotensi mendukung kehidupan. Mereka mengklaim, planet yang baru ditemukan itu adalah calon planet terbaik untuk mendukung kehidupan. Demikian dilansir Space.com, Kamis, 2 Februari 2012.

Para peneliti memperkirakan bahwa planet, yang disebut GJ 667Cc, setidaknya 4,5 kali massa Bumi, sehingga dijuluki super-Bumi. Planet itu membutuhkan sekitar 28 hari untuk membuat satu putaran orbit sekitar bintang induknya, yang terletak hanya 22 tahun cahaya dari Bumi. Bintang itu berada di konstelasi Scorpius atau Kalajengking.

“Ini pada dasarnya adalah tetangga sebelah kami,” kata Steven Vogt, astronom dari Universitas California, Santa Cruz,Vogt. Hanya ada sekitar 100 bintang yang dekat dengan Matahari, salah satunya bintang GJ 667C yang menjadi iang planet itu. “Ini sangat dekat,” tegas Vogt.

Yang menarik, bintang inang itu merupakan salah satu dari sistem tiga bintang. GJ 667C adalah bintang kerdil kelas M yang bermassa sepertiga Matahari. “Bintang-bintang lainnya cukup jauh, tetapi mereka akan terlihat cukup bagus di langit,” kata Vogt.

Penemuan planet di sekitar GJ 667C cukup mengejutkan para astronom. Karena bintang itu memiliki susunan kimiawi yang berbeda dari Matahari. Bintang itu memiliki kandungan logam –sebutan untuk elemen yang lebih berat dari Hidrogen dan Helium– yang jauh lebih rendah. “Sangat kekurangan logam,” kata Vogt.

Selama ini diyakini, kandungan logam itu cukup penting sebagai syarat terbentuknya planet di sekitar bintang. Para ahli berkesimpulan dengan penemuan itu berarti planet asing yang berpotensi dihuni bisa ada dalam berbagai lingkungan yang lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya. “Statistik mengatakan bahwa kita seharusnya tidak menemukan ini dengan cepat, kecuali ada banyak dari mereka di luar sana,” kata Vogt.

Secara rinci penelitian akan diterbitkan dalam Astrophysical Journal Letters. Vogt adalah salah satu penulis dari studi baru, yang dipimpin Guillem Anglada-Escude dan Paul Butler dari Carnegie Institution for Science.

Selain super Bumi, ada planet lain yang mengorbit lebih dekat bintang inang yang disebut GJ 667Cb. Dimana untuk mengorbit bintang induk dia membutuhkan 7,2 hari. Untuk menemukan planet itu, mereka menggunakan data publik dari Observatorium Eropa di Selatan, dikonfirmasi dengan pengamatan Observatorium WM Keck di Hawaii, dan Spektograf Pencari Planet Carnegie pada Teleskop Magellan II di Chile.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: