Sistem Planet Terkecil di Bima Sakti


PARA astronom dengan menggunakan data dari teleskop ruang angkasa Kepler milik Lembaga Antariksa Amerika (NASA) mengonfirmasi tiga planet terkecil yang mengorbit sebuah bintang merah, pertengahan Januari lalu. Planet itu mengorbit sebuah bintang tunggal yang dijuluki KOI-961. Ketiganya merupakan planet berbatu berukuran 0,78; 0,73; dan 0,57 kali Bumi. Planet ketiga atau terjauh dari bintang berukuran segede Mars.

Ketiga planet dianggap berbatu seperti Bumi itu mengorbit terlalu dekat dengan bintang inang. Sehingga membuat ketiganya terlalu panas. “Para astronom baru mulai untuk mengkonfirmasi ribuan kandidat planet temuan Kepler,” kata Doug Hudgins, ilmuwan program Kepler di markas NASA di Washington. “Menemukan planet sekecil Mars adalah menakjubkan, dan petunjuk bahwa mungkin ada suatu karunia dari planet berbatu di sekitar kita,” Hudgins menambahkan.

Memang menemukan planet berbatu sangat penting. Karena dari sekitar 700-an planet luar Surya yang ditemukan hanya beberapa butir yang merupakan planet cadas. Bintang induk tempat ketiga planet mengorbit berada sekitar 130 tahun cahaya di konstelasi Angsa. Bintang inangnya berupa bintang kerdil merah, seperenam ukuran matahari, atau 70 persen lebih besar dari Jupiter. “Ini adalah sistem surya terkecil ditemukan sejauh ini,” kata John Johnson, peneliti utama NASA Exoplanet Science Institute di California Institute of Technology di Pasadena.

Bintang ini juga lebih dingin dari matahari kita, dan melepaskan lebih banyak cahaya merah dari kuning. Saking dekatnya ketiga bintang mengorbit bintang induk kurang dari dua hari. “Ini sebenarnya lebih mirip dengan Jupiter dan bulan-bulannya,” tambah Johnson. Planet terdekat sekali orbit hanya setengah hari. Suhu permukaan planet berkisar 350-836 derajat Fahrenheit (176-447 derajat Celsius).

Ketiga planet itu dikonfirmasi dengan teleskop berbasis di Bumi yaitu Observatorium Palomar, dekat San Diego, California, dan WM Keck Observatory di puncak Mauna Kea di Hawaii. Astronom menentukan ukuran planet-planet itu dengan mengamati peredupan bintang ketika planet itu memotong jalan di depan bintang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: